Sunday, January 22, 2017

Perkembangan Konsol Game dari Masa ke Masa


Apasih Konsol ? Apasih Nintendo ?

Curut Kota - Sekarang hobi bukan lagi sekedar hobi. Dengan adanya perkembangan zaman sekarang semua yang tidak ada menjadi ada, layaknya dunia ini sudah di sulap. Begitu pun dengan Konsol Game yang mulai sejak pertama kali diciptakan sampai sekarang masih berlanjut layaknya manusia, memiliki jenis dan kriteria masing-masing. Penurunannya tidak pernah berhenti sampai keluar konsol yang paling canggih, bahkan di era sekarang masih ada yang menggunakan konsol game yang bisa dibilang sudah tidak layak untuk digunakan. Mungkin bagi anak tahun 90-an sudah tidak asing lagi jika mendengar kata "Nintendo".
Nintendo adalah konsol permainan genggam yang diproduksi oleh perusahaan Nintendo.
Sumber : https://www.google.com
Namun tahukah anda, bahwa nintendo masih berkembang mengikuti perkembangan dunia ? Jika tidak, pada artikel ini CK jelaskan.

  • Sejarah Nintendo

Nintendo adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang. Pada awalnya perusahaan ini dibangun untuk membuat kartu-kartu yang dibuat oleh tangan hanafuda, yang dipergunakan untuk memainkan kartu jepang atau bisa disebut hanafuda sesuai nama orang yang membuat kartunya pada waktu itu.
Hanafuda adalah sebuah permainan kartu yang berasal dari Jepang yang digunakan untuk beberapa permainan lainnya.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Hanafuda
Pada awal rencana pembangunan perusahaan itu digunakan untuk mencoba bisnis kecil, diantanya seperti penginapan asrama dan perusahaan taksi. Namun setelah beberapa tahun kemajuan perusahaan menjadi semakin pesat dan menjadi perusahaan permainan vidio atau vidio game, dan menjadi perusahaan terbesar pada waktu itu. Selain permainan vidio, nintendo adalah pemilik mayoritas Seattle  Mariners, sebuah tim Major League Baseball di Seattle, Washington. Pada tahun 2001 perusahaan Nintendo membeli sebagian besar saham Gyration Inc., yaitu sebuah perusahaan yang mengkhususkan pada gyro dan sensor gerak.
Setelah membahas sejarah dari Nintendo, sekarang kita akan membahas konsol apa saja yang dikeluarkan oleh Nintendo dalam bidang Permainan.

  • Konsol Game Keluaran Nintendo

Konsol adalah sebuah alat yang diciptakan dan dikhususkan untuk bermain video game. Pada bagian ini CK  akan membahas konsol game yang dikeluarkan oleh perusahaan Nintendo.
  1. Nintendo Entertainment System
    Nintendo Entertainment System atau biasa disebut NES adalah sebuah konsol permainan video 8-bit yang pertama diciptakan pada tahun 1985. Dikeluarkan oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa, Asia dan Australia. Versi Jepang nya biasa disebut dengan Nintendo Family Computer atau Famicom. NES membangun kembali industri permainan video setelah keruntuhannya pada tahun 1983. Dengan game Mari Bros yang meledak di pasaran, NES menjadi favorit pada waktu itu.
  2. Nintendo Entertainment System
    Game Boy
    Game Boy adalah sebuah konsol permainan video yang di kembangan oleh Nintendo dan juga dikembangkan oleh Nintendo. Diedarkan pada tahun 1989 di Jepang dan di Amerika Serikat dengan Harga 8.000 yen (mata uang jepang) dan US$89.95 atau setara dengan Rp 1.205.959,65 satu juta lebih, betapa mahal nya konsol ini pada waktu itu. Game Boy merupakan sistem game kedua yang dikeluarkan Nintendo setelah Game & Watch yang diperkenalkan pada tahun 1980. Perancang nya adalah Gunpei Yokoi dan tim Nintendo Research & Development 1 yang juga merancang permainan Game & Watch.
    Game & Watch adalah seri konsol permainan genggam yang diproduksi oleh Nintendo dari tahun 1980 sampai dengan tahun 1991.
    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Game_%26_Watch
    Game Boy

  3. Super NES (Nintendo Entertainment System)
    Super NES atau Nintendo Entertainment System, dikenal juga sebagai Super Nintendo, Super NES, atau SNES. Super NES adalah konsol permainan video 16-bit yang dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa, dan Australia. Di Jepang ia dikenal dengan Super Famicom seperti yang tadi kita bahas, bahwa NES dikenal di Jepang dengan sebutan Nintendo Family Computer atau Famicom. Sedangkan, di Korea Selatan dia dikenal dengan nama Super Comboy dan di distribusikan oleh Hyundai Electronics.
    Super NES
  4. Nintendo 64
    Nintendo 64 ? Mungkin karena beroperasi dengan system 64-bit, atau mungkin tidak, karena pada waktu itu memang jarang permainan dengan warna RGB seperti sekarang, ini penjelasannya. Nintendo 64 atau dikenal juga dengan N64 merupakan sebuah konsol game generasi yang ke-5 yang dikeluarkan oleh Nintendo dan bekerja sama dengan produsen workstation Silicon Graphics Inc. Nintendo 64 sangat revolusioner di masanya dengan memperkenalkan teknologi-teknologi yang sangat baru dan kemudian diikuti oleh para pesaing nya yaitu Sony PlayStation dan Sega Saturn. Teknologi yang baru dikenal kan oleh N64 ini diantaranya teknologi getar Rumble Pak atau yang dikenal dalam PlayStation adalah DualShock, serta memperkenalkan stik analog yang memungkinkan para pemain untuk menjelajahi ruang 3-D dengan lebih lancar.
    Nintendo 64
Sudah jelas bukan mengenai turun-temurun dari yang paling buyut sampe cucunya Nintendo. Masih banyak jenis Nintendo yang lainnya yang dapat CK jelaskan, dalam update selanjutnya akan CK jelaskan. Betapa menariknya dan betapa beruntungnya orang yang dulu pernah atau memiliki barang tersebut. Mungkin di era yang serba digital ini teknologi diatas sudah kalah dengan yang sekarang. Jelas, karena seperti yang CK bilang tadi, dunia ini seperti sudah di sulap, apa yang tidak ada menjadi ada, semakin banyak orang cerdas di dunia, semakin banyak orang yang mengeluarkan dan merealisasikan informasi-informasi yang mereka terima. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, jika memang berminat silahkan share, dan biasakan tinggalkan jejak sebelum pergi.
Perkembangan Konsol Game dari Masa ke Masa
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

7 comments

Tulis comments
avatar
January 24, 2017 at 9:20 PM

Jadi inget masa-masa SD gan maen nintendo nyewa ke si Emang 500 😀
Nice post gan 👍🏿

Reply
avatar
January 24, 2017 at 9:22 PM

sama bro, gabeda jauh padahal, cuma menang grafik pada zaman sekarang.

Reply
avatar
January 24, 2017 at 9:22 PM

Thanks bro, wahh sekarang mah 500 cuma dapat permen bro.

Reply

Peraturan Berkomentar :

1. Dilarang menggunakan link aktif.
2. Dilarang menggunakan kata-kata yang bernilai kekerasan / kasar.
3. Bahas sesuai artikel yang sedang dibaca.
4. Berkomentar dengan Relevan.
5. Dilarang Berkomentar dengan profile Anonymouse.
6. Agar mendapat notifikasi balasan dari kami, harap centang "Notify Me".

startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software