Tuesday, December 27, 2016

Tips Menjaga Keamanan Pada Perangkat Android



Keamanan adalah keutamaan yang paling dicari dalam dunia internet. Dengan kehadirannya smartphone yang semakin berkembang dan semakin banyak pembuatnya, tidak dikit juga pengguna dari smartphone itu sendiri. Pengguna smartphone merasa aman dengan adanya smartphone. Fungsi utama yang mereka gunakan selain agar terhubung dengan orang luar juga mereka gunakan untuk menyimpan data "pribadi" mereka dalam smartphone mereka masing-masing, CK yakin sobat pasti juga menyimpan data-data pribadi sobat di handphone sobt masing-masing. Selain merasa aman, pengguna smartphone juga merasa lebih praktis karena dapat dibawa kemana mana dan kapan saja 24 jam full service.

Dibalik sesuatu kelebihan pasti ada namanya kekurangan, hampir dari semua perangkat android terhubung atau ter koneksi internet yang mana orang dapat mengakses sesuatu lebih jauh lagi secara publik, karena sifat internet itu Umum. Hal tersebut tentunya menjadi kesempatan bagi peretas atau hacker diluar sana yang pastinya lebih paham IT dibanding orang yang hanya ikut trending menggunakan hp canggih. Nah, berikut akan CK berikan sedikit tips bagi kalian yang masih "gaptek" atau gagap teknologi bagaimana si caranya supaya perangkat android yang kalian gunakan itu aman, ini mungkin tidak menjamin 100% tetapi dapat berkaitan dengan keamanan, dan mungkin yang kalian anggap sepele itu sangat berkaitan erat dengan keamanan perangkat android sobat. Penasaran kan ? Check it out !

  • Aktifkan Lockscreen (Pengunci Layar)

Semua perangkat android pasti sudah dilengkapi dengan fasilitas yang satu ini, salah satu cara untuk menghindari pembajakan dari tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab walau niatnya hanya bercanda. Banyak macam jenis lockscreen ini, ada yang beruka sidik jari, pola, pattern, maupun password dalam bentuk angka, tulisan, atau pun sekaligus angka dan tulisan agar lebih sulit untuk ditebak.

  • Aktifkan Smartlock

Nah, untuk fitur yang satu ini hanya tersedia dalam perangkat android dengan versi 5.0 keatas. Dengan ini sobat tidak perlu untuk mengaktifkan kembali lockscreen. Fitur ini cukup aman karena bekerja berdasarkan trusted device, trusted face, trusted place, trusted voice, atau pun body-on detection.

  • Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Semua hp android pasti akan terhubung dengan akun Google milik sobat masing-masing. Dengan fitur ini sobat tidak perlu takut jika perangkat sobat dibajak dari jarak jauh oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Jadi, disarankan untuk sobat mengaktifkan fitur ini disetiap akun google sobat.

  • Aktifkan ADM (Android Device Manager)

ADM atau Android Device Manager adalah sebuah fitur yang disematkan dalam setiap perangkat android yang berfungsi dimana saat sobat kehilangan perangkat android sobat, dengan adanya fitur ini sobat dapat melacak keberadaan perangkat android sobat. Fitur ini dapat digunakan menggunakan Google Chrome, dan disarankan bahwa fitur ini harus kudu wajib diaktifkan di setiap perangkat sobat.

  • Aktifkan Verify App

Dengan mengaktifkan fitur ini, sobat akan aman dari yang namanya Malware yang akan menyerang perangkat sobat. Fitur ini akan bekerja jika sobat akan menginstall aplikasi yang sobat download dengan sumber selain Play Store atau yang bukan sumbernya dari Play Store.
Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software.
Sumber : https://www.google.com
Tips Menjaga Keamanan Pada Perangkat Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Peraturan Berkomentar :

1. Dilarang menggunakan link aktif.
2. Dilarang menggunakan kata-kata yang bernilai kekerasan / kasar.
3. Bahas sesuai artikel yang sedang dibaca.
4. Berkomentar dengan Relevan.
5. Dilarang Berkomentar dengan profile Anonymouse.
6. Agar mendapat notifikasi balasan dari kami, harap centang "Notify Me".

startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software