Saturday, January 28, 2017

Perkembangan Alat Komunikasi Yang Ada di Muka Bumi


Curut Kota - Banyak yang bertanya mengenai "Teknologi" yang ada di dunia ini. Tidak hanya pada zaman sekarang manusia menciptakan alat komunikasi super canggih, dari zaman dahulu kala manusia sudah menciptakan alat komunikasi terlebih dahulu, dari yang hanya selembar kertas digunakan sampai berbagai bahan metal sekarang. Perkembangan ini tidak kian berhenti sampai berakhirnya masa dunia ini. Sudah banyak contoh alat komunikasi yang ada di muka bumi ini. Bahkan sekarang dapat di perkirakan setiap orang pasti memiliki sebuah alat komunikasi, baik itu versi jadul maupun versi terbaru sekarang. Susah rasanya untuk lepas dari alat komunikasi yang serba canggih di zaman ini. Teknologi setiap hari semakin berkembang, semakin banyak pengguna dan semakin tinggi juga tingkat kejahatan.
Komunikasi dapat diartikan adalah suatu proses yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih, organinasi, komunitas, kelompok, masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan orang lain yang berada jauh letaknya.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
Boleh menikmati apa yang ada sekarang, namun tidak lupa juga untuk selalu mengingat alat komunikasi yang pernah digunakan oleh manusia pada zaman dahulu. Kali ini CK akan membahas mengenai perkembangan alat komunikasi yang pernah ada di muka bumi ini.
  1. Merpati POS
    Merpati POS ini memanfaatkan seekor burung merpati sebagai pengantar surat, dipilih burung merpati karena burung ini memiliki pemikiran dan daya ingat yang kuat, bahkan memiliki kemampuan navigasi (penunjuk arah) dan naluri ilmiah yang kuat untuk kembali ke sarang, metode ini berasa dari orang-orang Persia yang melatih burung merpati untuk melakukan hal tersebut. Merpati pos diberi makan beda daripada burung-burung lainnya, tidak hanya sekedar makanan burung sembarangan. Pada makanan burung merpati pos diberi campuran berupa kalium karbonan dan minyak ikan. Tujuan dari pencampuran makanan itu adalah untuk membuat burung lebih kuat dan mudah untuk dilatih.

  2. Telegraf
    Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse dan asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. Alat ini biasa digunakan untuk menerima dan mengirim pesan jarak jauh layaknya SMS (Short Message Service). Bedanya dengan SMS adalah jika sms menggunakan sinyal sedangkan telegraf menggunakan kabel sejauh 10 mil. Alat ini pada zaman dulu sangat menjadi primadona walaupun yang bisa menerima dan mengirim hanya orang yang paham kode Morse saja.
    Kode Morse atau Sandi Morse adalah sistem representasi huruf, angka, dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu pada alfabet atau sinyal (pertanda) tertentu yang disepakati oleh penggunanya diseluruh dunia
    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_Morse
    Di Indonesia pemanfaatan alat ini baru bisa dirasakan sejak saluran pertama telegraf dibuka yaitu pada 23 Oktober 1855 oleh Pemerintah Hidia Belanda.
  3. Telefon
    Telefon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 karena adanya permintaan dari pengguna telegraf yang semakin berkembang dan meningkat kualitasnya. Indonesia baru bisa menggunakan fasilitas ini pada tahun 16 Oktober 1882 dan itupun jaringan masih lokal atau masih sekitar wilayah Indonesia belum sampai keluar negeri. Di Indonesia jaringan telefon pertama kali menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia), dan pada tahap selanjutnya mulai menghubungkan ke kota-kota besar yang ada di Indonesia.
    Seiring perkembangan, kebutuhan telekomunikasi meningkat, wilayah jaringan telekomunikasi pun diperluas. Tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelit Corporation) mulai membangun jaringan telefon gelombang mikro. Tahun 1976, satelit Palapa A-1 diluncurkan sehingga memungkinkan jaringan telefon Indonesia meluas hingga mencapai luar negeri.
  4. Telegram
    Telegram adalah fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan jarak jauh dengan cepat, akurat dan ter-dokumentasi. Telegram berisi kode yang ditransmisikan oleh telegraf dengan menggunakan kabel-kabel yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi lainnya melalui bawah laut. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Terdapat 2 jenis telegram, yaitu telegram biasa dan telegram indah. Telegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indah biasa dikirim pada hari-hari khusus misalnya pada hari raya atau tahun baru.
  5. Pager / Radio Panggil
    Pager adalah alat telekomunikasi yang merupakan sebuah alat elektronik dan memungkinkan untuk menyampaikan informasi dan pesan dari suatu tempat ke tempat lainnya dalam jarak yang bisa dibilang cukup jauh. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja layaknya nomor telefon yang digunakan pengguna untuk menelefon orang lain. Pada alat ini juga sudah tersedia fitur SMS alat komunikasi 2 arah yang digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat elektronik. Sebelum telefon berkembang, pager sudah digunakan untuk alat komunikasi nasional maupun internasional. Di Indonesia pager muncul sejak tahun 1997, dan pelanggan nya pada waktu itu mencapi angka 800.000. Namun, karena faktor harga yang semakin lama semakin melambung maka pelanggan pun sedikit demi sedikit mengurang, dan karena sudah hadirnya telefon genggam.
  6. E-mail / Surat Elektronik
    Email adalah sebuah surat dalam bentuk elektronik. Email merpupakan salah satu fasilitas dalam internet yag paling banyak digunakan orang khalayak banyak, hal ini disebabkan karena alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Email sudah dipakai sejak tahun 1960, pada waktu itu internet belum terbentuk dan yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk dan menjadi jaringan. Pada tahun 1980 email sudah bisa digunakan oleh orang banyak.
Masih banyak yang seharusnya CK sampaikan, mungkin artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bagi CK sendiri. Perkembangan itu tidak akan pernah berhenti, karena masih banyak orang pintar diluar sana yang lebih pintar dari kita. Setiap harinya orang yang ditakdirkan untuk menjadi pintar pasti menambah, tidak ada salahnya untuk kita belajar agar menjadi pintar. Jangan lupa kunjungin terus web ini dan jangan sampai ketinggalan update-update menarik lainnya, subscribe agar terus mendapat kabar terbaru dari Curut Kota.
Perkembangan Alat Komunikasi Yang Ada di Muka Bumi
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

9 comments

Tulis comments
avatar
January 28, 2017 at 6:37 PM

perkembangannya ternyata sangat pesat ya

Reply
avatar
January 28, 2017 at 6:47 PM

perkembangannya tak disangka dan tak dirasakan gan.

Reply
avatar
January 28, 2017 at 7:47 PM

wah gak kebayang di masa depan gimana lagi perkembangannya ya gan

Reply
avatar
January 28, 2017 at 8:07 PM

perkembangan yang cukup pesat sekali

Reply
avatar
February 1, 2017 at 8:36 PM

Cukup bermanfaat ka, perbaiki lagi sedikit kata yang kurang pantas untuk dimasukan kedalam blog

Reply

Peraturan Berkomentar :

1. Dilarang menggunakan link aktif.
2. Dilarang menggunakan kata-kata yang bernilai kekerasan / kasar.
3. Bahas sesuai artikel yang sedang dibaca.
4. Berkomentar dengan Relevan.
5. Dilarang Berkomentar dengan profile Anonymouse.
6. Agar mendapat notifikasi balasan dari kami, harap centang "Notify Me".

startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software